Politikus Indonesia Paling Berpengaruh di Mata Dunia

Indonesia adalah negara demokrasi terbesar di Asia Tenggara, dengan lebih dari 270 juta penduduk. Sebagai negara yang beragam dan dinamis, sehoki
Negara kita memiliki banyak tokoh
politikus indonesia  yang berperan penting dalam sejarah dan perkembangan bangsa.

Beberapa di antara mereka bahkan mendapat pengakuan dan penghormatan dari dunia internasional, karena prestasi dan kontribusi mereka bagi Indonesia dan kawasan. Siapa saja politikus Indonesia paling berpengaruh di mata dunia? Berikut adalah tujuh nama politikus indonesia yang patut kamu ketahui.

1. Soekarno

Soekarno atau Bung Karno adalah proklamator kemerdekaan Indonesia dan presiden pertama Republik Indonesia. Ia adalah sosok yang berani dan karismatik, yang memimpin perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan Belanda dan Jepang.

Ia juga dikenal sebagai bapak non-blok, karena ia menjadi salah satu pendiri Gerakan Non-Blok, sebuah organisasi yang menentang imperialisme dan kolonialisme. Soekarno juga menjadi inisiator Konferensi Asia-Afrika, yang merupakan pertemuan pertama antara negara-negara Asia dan Afrika yang baru merdeka. Soekarno adalah salah satu tokoh politik paling berpengaruh di abad ke-20, yang menginspirasi banyak pemimpin dan aktivis di seluruh dunia.

2. Muhammad Hatta

Muhammad Hatta atau Bung Hatta adalah wakil presiden pertama Republik Indonesia, yang bersama dengan Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Ia adalah sosok yang cerdas dan visioner, yang memiliki latar belakang pendidikan ekonomi di Belanda.

Ia juga dikenal sebagai bapak koperasi Indonesia, karena ia memperkenalkan konsep koperasi sebagai salah satu pilar perekonomian nasional. Hatta juga menjadi tokoh penting dalam diplomasi Indonesia, terutama dalam menyelesaikan masalah Irian Barat dengan Belanda. Hatta adalah seorang negarawan yang dihormati oleh dunia internasional, karena integritas dan prinsip-prinsipnya.

3. Soeharto

Soeharto adalah presiden kedua Republik Indonesia, yang berkuasa selama 32 tahun, dari tahun 1967 hingga 1998. Ia adalah sosok yang kontroversial, yang di satu sisi berhasil membangun Indonesia menjadi negara yang stabil dan berkembang, tetapi di sisi lain juga dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan korupsi.

Di bawah kepemimpinan Soeharto, Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat, dengan mencapai status sebagai negara pengekspor beras dan anggota G-20. Soeharto juga memainkan peran penting dalam politik regional dan internasional, dengan menjalin hubungan baik dengan negara-negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, dan Australia, serta negara-negara besar, seperti Amerika Serikat, Jepang, dan China.

Soeharto adalah salah satu pemimpin paling berpengaruh di Asia, yang mendapat julukan “Bapak Pembangunan”.

4. B.J. Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie atau B.J. Habibie adalah presiden ketiga Republik Indonesia, yang menjabat selama 17 bulan, dari tahun 1998 hingga 1999. Ia adalah sosok yang jenius dan inovatif, yang merupakan ahli teknologi penerbangan dan pesawat terbang.

Ia adalah lulusan Universitas Teknik Aachen di Jerman, dan pernah menjadi direktur utama perusahaan pesawat terbang Jerman, Messerschmitt-Bölkow-Blohm (MBB). Ia juga dikenal sebagai bapak teknologi Indonesia, karena ia memprakarsai pembangunan pesawat terbang nasional, N-250 Gatotkaca, dan satelit Palapa.

Habibie juga menjadi tokoh kunci dalam transisi demokrasi Indonesia, dengan mengeluarkan kebijakan reformasi politik dan ekonomi, serta memberikan kesempatan bagi rakyat Timor Timur untuk menentukan nasibnya sendiri melalui referendum. Habibie adalah seorang ilmuwan dan negarawan yang diakui oleh dunia internasional, karena kreativitas dan keberaniannya.

5. Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY adalah presiden keempat Republik Indonesia, yang menjabat selama dua periode, dari tahun 2004 hingga 2014. Ia adalah sosok yang disiplin dan berwibawa, yang merupakan jenderal bintang empat Tentara Nasional Indonesia (TNI). Ia juga memiliki latar belakang pendidikan politik dan strategi, baik di dalam maupun luar negeri.

Ia adalah presiden pertama yang dipilih langsung oleh rakyat Indonesia, dalam sistem pemilu demokratis. Di bawah kepemimpinan SBY, Indonesia berhasil mengatasi berbagai tantangan, seperti bencana alam, terorisme, konflik daerah, dan krisis global.

SBY juga meningkatkan peran Indonesia di dunia, dengan menjadi anggota G-20, APEC, dan ASEAN, serta menjadi mediator dalam berbagai isu internasional, seperti Myanmar, Palestina, dan Afghanistan. SBY adalah seorang pemimpin yang dihormati oleh dunia internasional, karena kepemimpinan dan kemanusiaannya.

6. Prabowo Subianto

Prabowo Subianto adalah mantan komandan jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan mantan menteri pertahanan Republik Indonesia. Ia adalah sosok yang tangguh dan berpengalaman, yang memiliki karier militer yang cemerlang, dengan terlibat dalam berbagai operasi militer, baik di dalam maupun luar negeri.

Ia juga memiliki latar belakang pendidikan pertanian dan bisnis, serta menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Ia adalah salah satu tokoh politik paling populer di Indonesia, yang pernah mencalonkan diri sebagai presiden sebanyak empat kali, yaitu pada tahun 2009, 2014, 2019, dan 2024.

Dan ia juga menjadi ketua umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), yang merupakan salah satu partai politik terbesar di Indonesia. Prabowo adalah seorang patriot dan negarawan yang diakui oleh dunia internasional, karena visi dan misinya untuk memajukan Indonesia.

7. Joko Widodo

Joko Widodo atau Jokowi adalah presiden kelima Republik Indonesia, yang menjabat sejak tahun 2014 hingga sekarang. Ia adalah sosok yang sederhana dan merakyat, yang merupakan mantan walikota Solo dan mantan gubernur DKI Jakarta.

Ia adalah presiden pertama yang berasal dari kalangan sipil, bukan dari militer atau politik dinasti. Ia juga dikenal sebagai presiden yang dekat dengan rakyat, dengan sering melakukan blusukan dan dialog langsung dengan masyarakat.

Di bawah kepemimpinan Jokowi, Indonesia mengalami kemajuan dalam berbagai bidang, seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan pemberantasan korupsi. Jokowi juga memperkuat posisi Indonesia di dunia, dengan menjadi anggota G-20, APEC, dan ASEAN, serta menjadi inisiator Indo-Pasifik, yang merupakan kerjasama antara negara-negara di kawasan Samudra Hindia dan Pasifik.

Jokowi adalah seorang pemimpin yang dihormati oleh dunia internasional, karena prestasi dan kontribusinya bagi Indonesia dan kawasan.

Itulah tujuh politikus Indonesia paling berpengaruh di mata dunia, yang telah memberikan dampak positif bagi Indonesia dan kawasan. Mereka adalah sosok-sosok yang patut menjadi panutan dan inspirasi bagi generasi berikutnya, termasuk kita. Semoga bermanfaat!

More From Author